Selasa, 13 Januari 2009

Ubaya Tenggilis banjir lagi.. banjir lagi..

Sudah sejak koko gw kuliah di ubaya dulu.. banget.. (hampir 10 tahun lalu) Ubaya kampus tenggilis udah terkenal gampang kena banjir. Awalnya sih gw ga percaya, tapi baru minggu lalu gw percaya. Hehehe.. Coz, waktu tahun lalu gw masuk Ubaya, banjirnya ga pernah separah kemarin itu.

Banyak alasan kenapa Ubaya Tenggilis ini langganan banjir, misalnya:

Masalah kali mati. Dulu ada kali di atas bangunan kampus Ubaya. Kemudian kali itu ditutup dan dibelokan di depan kampus. Kali itu lalu disebut kali mati. Sementara, aliran kali baru di depan kampus mengalir ke PT SIER dan menjadi satu-satunya tampungan air dari berbagai sungai.

Sebagai gantinya, Ubaya lantas membangun saluran selebar setengah meter di sepanjang Jalan Rungkut Mejoyo. Selain itu, Ubaya juga membangun saluran selebar dua meter di dalam kampus. Hanya saja, panjang saluran itu hanya sebatas panjang kampus mereka. Lebar saluran setengah meter di sepanjang Jalan Rungkut Mejoyo dianggap tidak sepadan untuk menampung curah hujan yang datang. Akibatnya, kawasan tersebut sering banjir.

Sampah. Kalo gw lihat, sampah di kali depan Ubaya (kali mati) tuh numpuk banget. Nah sampahnya dari mana hayo ?? Ya dari masyarakat sekitar... Nah sekarang yang kena dampaknya siapa ?? Ya masyarakat sekitar juga.. -.-! Gw sering liat orang yang naik motor atau naik mobil emang sengaja mempersiapkan membuang sampahnya dengan cara melempar sampahnya ke dalam kali. Duh.. Gemes banget lihat kejadian itu. Apa tuh orang ga pernah disekolahin ??!

Topografi. Wilayah rungkit, yaitu termasuk wilayah Ubaya kampus Tenggilis memang termasuk daerah Surabaya yang daerah topografinya rendah. Sehingga mudah banjir jika turun hujan.

Mungkin masih banyak banget penyebab - penyebab lainnya, seperti saluran drainase yang buruk, dan lain-lain. Moga-moga Ubaya tenggilis bisa cepet bebas banjir..

Tidak ada komentar: