Selasa, 13 Januari 2009

Surabaya & his best friend: FLOOD

Masuk bulan Januari ini warga Surabaya bakal kedatangan teman setia mereka di musim penghujan ini, yaitu banjir... Huff.. Bosen juga ya denger kata ini di tiap musim hujan. Sampai kapan Surabaya bakal bebas dari yang namanya banjir ?? (Ya sampai masyarakatnya sadar akan kebersihan.. ^^)

BMG memperkirakan bulan Januari hingga Februari ini warga Surabaya akan meghadapi puncak musim penghujan. Jadi, curah hujannya akan tinggi banget. Kalo gw sih udah tau, kan Chinese New Year a.k.a Imlek jatuh tanggal 26 Januari, so ya pasti puncak - puncaknya musim hujan ya sekitar tanggal itu. Itu karena Imlek ditentukan berdasarkan perhitungan pergerakan bulan. Yang namanya Imlek pasti hujan, kalo ga malam Imleknya, ya waktu hari - H nya... Ini juga salah satu alasan mengapa masyarakat Tionghoa percaya bahwa hujan akan membawa berkah..

Menurut gw pribadi, tiap tahun hujan yang terjadi makin deras dan lebat. Ada yang setuju ga ? Coz akhir-akhir ini di Surabaya hujannya lebat banget, udah kayak badai gitu.. N seinget gw dulu ga ada tuh hujan yang selebat itu.. Apa gara-gara global warming ya ??! Maybe..

Hari Kamis kemarin, gw juga ngalamin kejadian buruk gara-gara hujan deras yang mengakibatkan banjir. Ceritanya, sore-sore gitu waktu gw lagi UAS di kampus Ubaya Tenggilis, turun hujan lebat banget. Gw sih sama sekali ga kepikiran, lha wong masih mikir jawaban ujian yang sulit. Pulang ujian.. Eng ing eng... Jalanan di depan kampus udah kayak laut. Banjir se-ban mobil panther udah menghadang.. Ya udah deh gw nekat aja nerobos pake motor. Sambil terus berdoa moga-moga bisa selamat. Dan.. Yeepee.. Gw bisa nerobos banjir itu.. Padahal hampir semua temen gw motornya mogok.. Thank GOD!!

Masalah selesai ?? NO!!

Keluar jalan Kendangsari, semua lancar.. Masuk jalan Brebek Industri.. Banjir lagi.. Dan di sini masalahnya. Banjir + Macet !! Alhasil motor gw mogok 2 kali. Untung si Honda bandel. Mesinnya masih mau jalan lagi.. Thank GOD (again) !! Padahal di tengah jalan waktu motor mogok, gw sempet hopeless banget, bingung mau minta tolong sama siapa.. Secara waktu itu, koko gw lg keluar kota (how lucky is he..-.-) Pake badan gw lemes banget harus nuntun motor sambil bawa tas kuliah yang lumayan berat.. Huff.. (What a bad day!!)

Akhirnya bisa sampai rumah setelah kurang lebih 1 jam perjalanan.. Padahal biasanya ga sampai setengah jam.. Tapi gw bersyukur banget bisa sampe rumah ! Ini pertama kalinya gw kuliah naik motor, banjir, plus mogok, badan lemes.. Thank GOD !!

Malamnya iseng2 gw nelpon temen gw. Dan ternyata temen gw masih di ubaya !!! Jam 8 malam masih di ubaya !! Buset.. Dan ternyata temen gw yang bawa motor, motornya mogok. Dan yang bawa mobil, ga bisa ke parkiran coz bus Ubaya mogok di halte 1. Buset... Yup, anak-anak Ubaya yang bawa mobil emang biasanya naik bus yang khusus disediakan Ubaya buat "mengangkut" mereka ke parkiran luas khusus mobil yang letaknya kira-kira 100 meter dari kampus.

Weleh-weleh..

Dan kesempatan ini pun dimanfaatkan para tukang becak. Buat yang mau ke parkiran yang deket itu, mahasiswa harus bayar Rp 15 ribu - Rp 20 ribu.. Cuma buat jarak yang ga sampe 100 meter.. Huff.. Yah.. aji mumpung lah

Tapi mau ga mau banyak mahasiswa yang memanfaatkan jasa tukang becak ini, coz kalo malam daerah situ tuh gelap banget.. Rawan deh pokoknya!! Wei Xian! Trus banjir selutut orang dewasa pastinya susah banget kalo dibuat jalan..

Trus besoknya gw masih ke harus kampus, coz masih ada ujian. Dan sudah siang jam 10.30, ternyata Ubaya masih kebanjiran.. Buset.. Parah deh.. Masak hujan udah reda dari malam, tapi sampe siang banjir nya masih ada..

Padahal tahun lalu banjirnya ga sampe segininya loh. Trus Kenapa ya ??
Usut punya usut ternyata pompa di kalirungkut ga jalan !!! SWT !! -.-!

Tidak ada komentar: