Senin, 16 Februari 2009

Ngurus SIM di Sidoarjo.. Huff.. !!!!


Tahun ini, SIM C (Driving License 4 riding motorcycle in Indonesia) gw "mati" alias kadaluwarsa, sedangkan SIM A gw masih sampe 2011. Dan sialnya lagi, gw baru inget ini 2 hari sebelum ulang tahun gw (alias tanggal expired nya), dan sialnya (juga) KTP Surabaya gw udah "mati" coz gw udah pindah ke Sidoarjo. Dan (lagi-lagi) sialnya saat ini di Samsat kolombo - Surabaya sedang diawasi KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Jadi gw gak bisa "nembak" SIM lagi.. huhuhu

Jadinya, gw ngurus SIM di Sidoarjo deh. Ini pertama kalinya dalam keluarga gw, ngurus SIM di Sidoarjo. Biasanya ngurus di Surabaya, pake "calo", semuanya langsung beres. Huff.. Dari awal gw sudah pesimistis ama hal ini. Pasti bakal susah, pasti bakal makan waktu lama. Dan ternyata.. bener..!!

Kalo biasanya ngurus SIM cukup 1 hari, ini gw sampe 3 kali bolak-balik ke Polres Sidoarjo "cuma" buat ngurus "kartu kecil" ini..
Pertama-tama dateng, gw diantar bokap, dan kebetulan gw ketemu dengan salah satu polisi yang mengurusi Ujian praktek SIM. Dan ternyata.. dia juga merangkap jadi "calo".. Huff.. dasar polisi Indonesia.. Jujur, gw sampe alergi, jijik kalo berurusan ama polisi, PASTI UUD - Ujung Ujungnya Duit - >.<

Dan sekarang ngurus SIM gak semudah dulu. Saat ini, pake calo pun harus ikut Ujian Teori, coz sekarang ujian teori nya pake komputer, dan hasilnya langsung ketahuan saat itu juga. Buat kalian yang mau tau contoh soal ujian nya, klik disini. Contoh soal-soalnya lumayan membantu buat mempersiapkan kita2. Jumlah soalnya 30 buah, @ soal diberi waktu 1 menit. Soal-soalnya ga terlalu sulit koq, asal kita tau rambu2, marka2, contoh2 kejadian di persimpangan (ini yg sulit), dll.

Yang buat gw mangkel bin jengkel ya mondar mandir ke polres nya itu.. Hari pertama cuma tes kesehatan dan asuransi - sebenarnya sih ga dites, cuma disuruh bayar uang brapa gt..-. Hari kedua cuma ambil no.urut buat ujian teori. Padahal gw tuh udah dateng jam 7 pagi - mulai dari ruangannya masih ga ada orang -.. Eh.. Ujian teorinya disuruh besok lusa nya.. Maksudnya apa coba ??! Birokrasi di Indonesia emang bikin orang pusing !! Ga penting !!

Trus yang aneh, kenapa tempat tes kesehatan nya jauh banget, sampai di luar polres. Kan aneh..
Hari ke-3 ini yang bikin orang capek.. Datang jam 8 pagi sampai jam 2 siang.. Kebanyakan waktu cuma disuruh nunggu... Ga jelas polisinya ngapain aja di dalam ruangan. Ada untungya juga sih gw pake jasa calo, yaitu ujian praktek gw dilulusin, padahal gw ga lulus. Lha wong ujian prakteknya susah banget.. Sampai2 ada yang ngulang ke-4 baru lulus !! Ada yang jalan lurus diapit marka cone, sempit.. banget.. Trus zig zag, trus juga ada berputar sesuai angka 8. Dan selama tes, kaki gak boleh turun / menginjak tanah.. Ada-ada aja!! Toh di jalan sesungguhnya, kita gak bakal repot-repot kayak gitu. Lha wong gw yang udah 4 tahun naik motor aja gak bisa..

Trus menurut gw, sebenernya mending gak usah pake jasa "calo". Dengan calo, kita keluar uang minimum 250 ribu.. Kalau kita urus sendiri, dengan modal nekat bisa dibawah 150 ribu (dengan sama-sama cepat lulusnya). Rahasianya ialah berani menghadapi polisi. Saat kita sudah diputuskan tidak lulus ujian praktek (memang kebanyakan tidak lulus), langsung menghadap polisi yang mengurus hal tsb di Ruang Koreksi Ujian Praktek SIM. Langsung aja terus terang minta dibantu, trus beri deh dia uang berapa gt.. Kemungkinan besar, si polisi ini bakal berbaik hati mau meluluskan anda, dan anda langsung disuruh antri daftar foto.. Beres deh perkara. Dan ini jauh lebih hemat daripada menggunakan jasa calo.


Yang penting ialah lulus ujian teori. Coz untuk hal ini, ga ada yang bisa membantu selain diri kita sendiri and of course GOD.. hehehe..
Trus yang jadi pelajaran berharga buat gw yaitu: mending repot cabut bendel, trus tinggal perpanjang SIM, daripada bikin baru.. Ribet !! Ntar SIM A gw juga mending cabut bendel & diperpanjang..

5 komentar:

Ardi Nugroho mengatakan...

cerita diatas sungguh menarik... banyak inspirasi atau apapun namanya yang tersembunyi di dalamnya...
"mental orang-orang (oknum Polisi) yang terlalu hinalah yang nyambi jadi calo... lha wong lagi bertugas pake seragam kok ya gitu... sungguh menjijikkan..... Gimana ini pak Polisi (moga aja Pak Kapolri denger keluhan ini,, atau setidaknya Pak Kapolda Jatim... hehehehehe)
Saya besok juga mau ngurus SIM (baru) kasusnya sama kaya U... sekarang SIM saya kelahiran Kediri... tapi domisili saya sekarang di Sidoarjo... rasanya gak ada waktu lagi cabut bendel di kediri.. lagian KTP sudah sidoarjo... walah.. belum ngurus aja sudah ngrasa ribet sendiri... hmmmmmm.... kok terlalu rumit ya administrasi di Indon ini....?????????????????????????????????????

## kalau ada waktu, silahkan juga berkunjung ke web persahabatan saya di http://tokoaca.wordpress.com

reg_89 mengatakan...

emang ribet yah ngurus sim sidoarjo..
pdhl aq jg mau buat sim..
males jg kl harus bolak balik gt, buang2 waktu bgt.. huh..

ari mengatakan...

hmmmm...........
ribet bgt neh.......
gw g lu2s.........
ksih tw soalnya gm dunk.......
males deh, nunggunnya LAMA bgt,,,,,

ari mengatakan...

hmmmmmm.............
bocoran soalnya dunk........
soalnya gw g lo2s.........

Unknown mengatakan...

ngurus sim sidoarjo skr di polres ya..,bukan di krian lg (samsat)? btw polresnya itu yg dekat alun2 sda bukan?